jam

Selasa, 17 Desember 2013

pesona pantai

Pulau Pahawang & Kelagian, Serasa Berlibur di Pulau Pribadi

Berlibur ke Lampung, itu berarti Anda 'wajib' datang ke Pulau Pahawang dan Kelagian. Tak cuma cantik, kedua pulau yang berada di Padang Cermin ini masih sangat alami. Saat berada di sana, seolah Anda berlibur di pulau pribadi.
Pahawang dan Kelagian merupakan pulau yang terletak di Padang Cermin, Provinsi Lampung. Kami (suami dan saya-red) mengeksekusi trip ini pada tanggal 14 Desember 2012. Kebetulan suami sedang cuti. Menurut traveler yang sudah pernah ke sana, Pulau Pahawang dan Kelagian ini ibarat Bali-nya Lampung.
 Kali ini saya memulai perjalanan dari Jakarta. Untuk transportasi Jakarta menuju Lampung, saya menyarankan Anda menggunakan bus Damri. Jadwal keberangkatannya setiap hari, pukul 19.00-21.00 WIB di Stasiun Gambir.
Harga tiket bus ini mulai dari Rp 115 ribu-130 ribu. Dengan menggunakan Damri, kita tidak perlu lagi repot untuk pindah-pindah bus atau mencari kapal. Waktu tempuh Jakarta-Lampung, mebutuhkan waktu normal sekitar 7-8 jam.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam, tibalah kami di Bandar Lampung. Jadwal kedatangan bus Damri di Lampung, sekitar pukul 04.00-05.00 WIB. Jadi, masih ada waktu untuk mandi, salat subuh dan lain-lain. Di dekat Pool Damri ini, ada masjid yang bagus dan bersih.
Setelah salat subuh dan lain-lain, sekarang waktunya mencari transportasi menuju Pantai Klara. Dari Pantai Klara inilah kami akan menyeberang menuju Pulau Pahawang dan Kelagian.
Bagi backpaker disarankan untuk menyewa angkutan saja. Ya, dikarenakan akses menuju Pantai Klara sangat sulit. Biaya sewa angkutan sekitar Rp 150 ribu-Rp 200 ribu. Para pelancong pun harus pintar-pintar menawar.
Perjalanan dari pusat Kota Lampung ke Pantai Klara kurang lebih 1,5 jam. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhkan panorama pesisir pantai. Ada Pantai Duta Wisata, Pantai Mutun, dan masih banyak lainnya. Sehingga perjalanan 1,5 jam tidak akan terasa membosankan.
Tiba di Pantai Klara, saatnya untuk hunting perahu menuju Pulau Pahawang dan Kelagian. Bila berlibur ke sana, saya merekomendasikan Anda mencari Abang Buyung. Dengan tarif Rp 250 ribu, Anda sudah bisa berkeliling ke dua pulau seharian. Hati-hati saat negosiasi harga, karena saat itu ada yang kena harga Rp 500 ribu untuk tujuan yang sama.
Sesuai rekomendasi, nahkoda perahu kami menyarankan untuk menuju ke Pulau Pahawang dulu. Hal ini dikarenakan Pahawang lebih jauh dan semakin siang, ombak akan semakin besar. Perjalanan dari Pantai Klara menuju Pulau Pahawang sekitar 1 jam. Sepanjang perjalanan kamai dimanjakan dengan gugusan pulau-pulau yang berada di sekitar laut. Kami juga sempat melihat ikan terbang, baru percaya kalau ikan terbang itu benar-benar ada.
Setelah satu jam perjalanan akhirnya tiba juga di Pulau Pahawang. Ternyata pengunjung pulau ini hanya kami. Artinya di pulau ini hanya ada 3 manusia, yaitu saya, suami, dan Bang Buyung. Seperti pulau pribadi euy!
Satu-satunya bangunan yang ada di Pulau Pahawang adalah cottage milik Mr Joe, yang berstatus WNA. Entah bagaimana caranya Mr Joe bisa membangun cottage yang begitu indah.
Tidak ada fasilitas ruang ganti ataupun toilet di pulau ini. Di Pulau Pahawang hanya ada, pantai, pulau tanpa fasilitas, kecuali cottage Mr Joe dan tentunya tidak untuk umum. Setelah puas menikmati indahnya Pulau Pahawang, kami melanjutkan tujuan kedua yaitu, Pulau Kelagian. "Kami datang!"
Satu lagi, di Pahawang tidak ada dermagannya jadi kita akan berbasah-basah ria untuk naik dan turun dari perahu. Perjalanan dari Pulau Pahawang menuju Pulau Kelagian sekitar 45 menit, dengan tantangan ombak yang lebih dasyat. Saat itu, suami mengatakan ketinggian ombak sekitar 1 meter. Deburan ombak yang menabrak perahu Bang Buyung pun langsung mendarat di wajah kami. Seru!
Beda dengan Pulau Pahawang, di Pulau Kelagian sudah ada fasilitas seperti warung dan kamar ganti. Ketika lapar menyerang, Anda bisa langsung pesan mie instan seharga Rp 6.000 saja. Ada pula cottage seharga Rp 1 juta, untuk delapan orang di pulau ini.
Beberapa foto berikut ini, menggambarkan sedikit keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa. Tidak ada satu pun ciptaan Tuhan yang sia-sia. Setelah puas berlama-lama di Pulau Kelagian, kami pun pulang. Perjalanan pulang dari Pulau Kelagian menuju Pantai Klara, hanya 15 menit....